Senin, 18 Agustus 2014

Tak Ada Syi’ah atau Sunni, Ini Soal Perebutan Jalur Minyak




“Tak ada Sunni-Syi’ah”, demikian ujar senator antagonis Amerika dalam film Shooter, “yang ada adalah perebutan pipa minyak.”

Pasca dorongan US, Pihak Free Syrian Army (FSA) melalui National Coalition meminta intervensi militer Internasional untuk melawan kelompok ISIS (Islamic State) yang beroperasi di Suriah.

Polemik (diantaranya) –dan apa yang harus dilakukan oleh Rusia?

[1]. Jika Rusia menyetujui Intervensi Militer (yang tentunya akan digawangi oleh AS), maka pola Operasi NATO di Libya akan berulang di Suriah (Jatuhnya Suriah ketangan AS, lihat Protokolat Doha).

[2]. Jika Rusia menolak dan mencegah intervensi ini, dengan sebaliknya tidak melakukan apapun terhadap kelompok ISIS yang memerangi FSA, maka tuduhan pembiaran atas kekejaman ISIS akan ditujukan pada Rusia, yang berimbas pada kian terbukanya pintu bagi tekanan meluas yang akan bersinergi dengan serangan sanksi ekonomi yang terus diluncurkan oleh Blok Barat terhadap Rusia terkait konflik Ukraina.

[3]. Jika Rusia menolak Intervensi Internasional yang dipelopori AS, dengan di sisi lain mengambil-alih sendiri penanganan Intervensi militer untuk menyerang kelompok ISIS, maka, AS berhasil menunggangi dan Mengarahkan Issue dan Sentiment ‘Jihad (Pan Salafi)’ berfokus untuk melawan Blok Timur.

[4]. Jika Rusia menolak Intervensi Internasional yang dipelopori AS, dengan di sisi lain mengambil kebijakan alternative, yakni, dengan memberikan bantuan persenjataan (pesawat tempur, artillery, drone, dan lain-lain) pada Pasukan Pemerintah Suriah guna menekan pergerakan ISIS pasca seruan FSA ini, maka, AS dapat menghembuskan propaganda melalui negara-negara sekutu Arabnya, baik Qatar, Jordan, Turki maupun Saudi, bahwa penggelontoran bantuan persenjataan Rusia kepada Pemerintah Suriah adalah bentuk perang terbuka yang dikumandangkan oleh Blok Timur terhadapSunni, sekalipun agenda yang diusung oleh FSA (dan aliansinya dibawah payung SNC) adalah Demokrasi dengan Liberalisme di bidang ekonomi.

Interaktif: Bilamana (dan hanya jika) Anda adalah salah-satu Staf Ahli Panglima yang bekerja di Kremlin, maka, masukan apakah yang akan Anda ajukan ke Moscow untuk menyikapi polemik ini? 

Tentara Republik Islam "Syi'ah" Iran.
 Tentara Israel
 Jet Tempur Iran.
 Jet Tempur Iran.
 Jet Tempur Israel.
 Jet Tempur Israel.

Jet Tempur Israel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar