المقدمة
Muqaddimah
قَـالَ مُحَمَّد هُوَ ابنُ مَـالِكِ ¤ أَحْمَدُ رَبِّي اللَّهَ خَيْرَ مَالِكِ
Muhammad Ibnu Malik
berkata: Aku memuji kepada Allah Tuhanku sebaik-baiknya Dzat Yang Maha
Memiliki.
مُصَلِّيَاً عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى ¤ وَآلِـــهِ الْمُسْــتَكْمِلِينَ
الْشَّــرَفَا
Dengan bersholawat atas
Nabi terpilih dan atas keluarganya yang mencapai derajat kemulyaan.
وَأسْتَـعِيْنُ اللهَ فِيْ ألْفِــيَّهْ ¤ مَقَاصِدُ الْنَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ
Juga aku memohon kepada
Allah untuk kitab Alfiyah, yang dengannya dapat mencakup seluruh materi Ilmu
Nahwu..
تُقَرِّبُ الأَقْصَى بِلَفْظٍ مُوْجَزِ ¤ وَتَبْسُـطُ الْبَذْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِ
Mendekatkan pengertian
yang jauh dengan lafadz yang ringkas serta dapat menjabar perihal detail dengan
janji yang cepat.
وَتَقْتَضِي رِضَاً بِغَيْرِ سُخْطِ ¤ فَـائِقَةً أَلْفِــــيَّةَ ابْنِ مُعْطِي
Kitab ini mudah menuntut
kerelaan tanpa kemarahan, melebihi kitab Alfiyahnya Ibnu Mu’thi..
وَهْوَ بِسَبْقٍ حَائِزٌ تَفْضِيْلاً ¤ مُسْـتَوْجِبٌ ثَنَائِيَ الْجَمِيْلاَ
Beliau lebih memperoleh
keutamaan karena lebih awal. Beliau berhak atas sanjunganku yang indah..
وَاللَّهُ يَقْضِي بِهِبَـاتٍ وَافِرَهْ ¤ لِي وَلَهُ فِي دَرَجَاتِ الآخِرَهْ
Semoga Allah menetapkan
karunianya yang luas untukku dan untuk beliau pada derajat-derajat tinggi
akhirat.
Pengertian Kalam,
Kalim, Kalimat, Qoul
كَلاَمُــنَا لَفْــظٌ مُفِيْدٌ كَاسْــتَقِمْ ¤ وَاسْمٌ وَفِعْلٌ ثُمَّ حَرْفٌ الْكَلِمْ
Kalam (menurut) kami
(Ulama Nahwu) adalah lafadz yang memberi pengertian. Seperti lafadz “Istaqim!”.
Isim, Fi’il dan Huruf adalah (tiga personil) dinamakan Kalim.
وَاحِدُهُ كَلِمَةٌ وَالْقَوْلُ عَمْ ¤ وَكَلْمَةٌ بِهَا كَلاَمٌ قَدْ يُؤمْ
Tiap satu dari (personil
Kalim) dinamakan Kalimat. Adapun Qaul adalah umum. Dan dengan menyebut Kalimat
terkadang dimaksudkan adalah Kalam.
Bentuk Kalimat-Kalimat
Dan Ciri-Cirinya
بِالجَرِّ وَالتّنْوِيْنِ وَالنِّدَا وَاَلْ ¤ وَمُسْنَدٍ لِلإسْمِ تَمْيِيْزٌ حَصَلْ
Dengan sebab Jar, Tanwin,
Nida’, Al, dan Musnad, tanda pembeda untuk Kalimat Isim menjadi berhasil.
بِتَا فَعَلْتَ وَأَتَتْ وَيَا افْعَلِي ¤ وَنُوْنِ أَقْبِلَنَّ فِعْـــلٌ يَنْجَلِي
Dengan tanda Ta’ pada
lafadz Fa’alta dan lafadz Atat, dan Ya’ pada lafadz If’ali, dan Nun pada Lafadz
Aqbilanna, Kalimat Fi’il menjadi jelas.
سِوَاهُمَا الْحَرْفُ كَهَلْ وَفِي وَلَمْ ¤ فِعْـــلٌ مُـضَــارِعٌ يَلِي لَمْ كَـيَشمْ
Selain keduanya (ciri
Kalimah Isim dan ciri Kalimah Fi’il) dinamaan Kalimah Huruf, seperti lafadz
Hal, Fi, dan Lam. Ciri Fi’il Mudhori’ adalah dapat mengiringi Lam, seperti
lafadz Lam Yasyam.
وَمَاضِيَ الأَفْعَالِ بِالتَّا مِزْ وَسِمْ ¤ بِالنُّـــوْنِ فِعْلَ الأَمْرِ إِنْ أَمْرٌ فُهِمْ
Dan untuk ciri Fi’il
Madhi, bedakanlah olehmu! dengan tanda Ta’. Dan namakanlah! Fi’il Amar dengan
tanda Nun Tauqid (sebagi cirinya) apabila Kalimah itu difahami sebagai kata
perintah.
وَالأَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِلنّوْنِ مَحَلْ ¤ فِيْهِ هُوَ اسْمٌ نَحْوُ صَهْ وَحَيَّهَلْ
Kata perintah jika tidak
dapat menerima tempat untuk Nun Taukid, maka kata perintah tersebut
dikategorikan Isim, seperti Shah! dan Hayyahal!
الْمُعْرَبُ وَالْمَبْنِي
Bab Mu’rab Dan Mabni, Kalimah-Kalimah Yang Mu’rab Dan Yang Mabniy
وَالاسْمُ مِنْهُ مُعْرَبٌ وَمَبْنِي ¤ لِشَبَـــهٍ مِنَ الْحُــرُوْفِ مُدْنِي
Diantara Kalimat Isim ada
yang Mu’rab, dan ada juga yang Mabni karena keserupaan dengan kalimah Huruf
secara mendekati
كَالْشَّبَهِ الْوَضْعِيِّ فِي اسْمَيْ جِئْتَنَا ¤ وَالْمَعْـنَـــوِيِّ
فِي مَتَى وَفِي هُـــــــنَا
Seperti keserupaan bangsa
wadh’iy didalam contoh dua Isimnya lafadz Ji’tana. Dan keserupaan bangsa
Ma’nawiy di dalam contoh Mata, dan Huna.
وَكَنِيَابَةٍ عَنِ الْفِعْلِ بِلاَ ¤ تَأَثُّــــرٍ وَكَافْــتِقَارٍ أُصِّلا
Dan keserupaan bangsa
Niyabah (pengganti) dari Fi’il tanpa pembekasan I’rob (Isim Fi’il). Dan
keserupaan bangsa Iftiqor/kebutuhan yang dimustikan (yakni, isim maushul musti
membutuhkan shilah).
وَمُعْرَبُ الأَسْمَاءِ مَا قَدْ سَلِمَا ¤ مِنْ شَبَهِ الْحَرْفِ كَأَرْضٍ وَسَمَا
Adapun Mu’rabnya
Kalimah-kalimah Isim, adalah Kalimah yang selamat dari keserupaan dengan
Kalimah Huruf, seperti contoh Ardhin dan Sumaa.
وَفِـــعْلُ أَمْرٍ وَمُضِيٍّ بُنِـيَا ¤ وَأَعْرَبُوا مُضَارِعَاً إنْ عَرِيَا
Fi’il Amar dan Fi’il
Madhi, keduanya dihukumi Mabni. Dan mereka Ulama Nahwu sama menghukumi Mu’rab
terhadap Fi’il Mudhori’ jika sepi…..
مِنْ نُوْنِ تَوْكِيْدٍ مُبَاشِرٍ وَمِنْ ¤ نُوْنِ إنَــاثٍ كَيَرُعْنَ مَنْ فُـــتِنْ
Dari Nun Taukid yang
mubasyaroh (bertemu langsung) dan Nun Ta’nits, seperti lafadz: Yaru’na Man
Futin.
وَكُلُّ حَـرْفٍ مُسْتَــحِقٌّ لِلْبِنَا ¤ وَالأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَكَّنَا
Semua Kalimah Huruf
menghaki terhadap Mabni. Asal didalam Kemabnian adalah dihukumi Sukun.
وَمِنْهُ ذُو فَتْحٍ وَذُو كَسْرٍ وَضَمُّ ¤ كَأَيْنَ أَمْسِ حَيْثُ وَالْسَّــــاكِنُ كَمْ
Diantara hukum Mabni
adalah Mabni Fathah, Mabni Kasroh dan Mabni Dhommah. Seperti lafadz: Aina,
Amsi, Haitsu, dan Mabni Sukun seperti Lafadz Kam.
Isim Mu’rab: adalah isim
yang akhir katanya bisa berubah karena perubahan kedudukan/jabatan kata (misal
sebagai pelaku) atau karena adanya kata lain yang mendahuluinya (misal harf
jer).
Isim mu’rab ada 9, yaitu:
isim mufrad, mutsanna, jamak mudzakar salim, jamak mu’annats salim, jamak
taksir, maqshur, manqush, asma’ul khamsah, dan isim laa yansharif .
Isim Mabni: adalah isim
yang akhir katanya senantiasa tetap meskipun kedudukan/jabatan katanya berubah
atau didahului oleh kata-kata yang menyebabkan perubahan pada isim mu’rab.
Isim mabni ada 5, yaitu:
isim dhamir (kata ganti), isim maushul (kata sambung), isim isyarah (kata
penunjuk), isim istifham (kata tanya), dan isim syarat (jika atau barangsiapa).
Macam-Macam I’rab
وَالْرَّفْعَ وَالْنَّصْبَ اجْعَلَنْ إعْرَابَا ¤ لاسْــمٍ وَفِــعْــلٍ نَحْـوُ لَنْ أَهَـــــابَا
Jadikanlah Rofa’ dan
Nashab sebagai I’rab (sama bisa) untuk Isim dan Fi’il, seperti lafadz Lan
Ahaba.
وَالاسْمُ قَدْ خُصِّصَ بِالْجَرِّ كَمَا ¤ قَــدْ خُصِّصَ الْفِعْـلُ بِأَنْ يَنْـجَزِمَا
Kalimah Isim dikhususi
dengan I’rab Jarr, sebagaimana juga Fi’il dikhususi dengan dii’rab Jazm.
Tanda Asal I’rab
فَارْفَعْ بِضَمَ وَانْصِبَنْ فَتْحَاً وَجُرْ ¤ كَسْــــــرَاً كَــذِكْرُ اللَّهِ عَبْــدَهُ يَسُـرْ
Rofa’kanlah olehmu dengan
tanda Dhommah, Nashabkanlah! Dengan tanda Fathah, Jarrkanlah! Dengan tanda
Kasrah. Seperti lafadz Dzikrullahi ‘Abdahu Yasur.
وَاجْزِمْ بِتَسْكِيْنٍ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ ¤ يَنُــوْبُ نَحْوُ جَا أَخْــو بَنِي نَمِــرْ
Dan Jazmkanlah! Dengan
tanda Sukun. Selain tanda-tanda yang telah disebut, merupakan penggantinya.
Seperti lafadz: Jaa Akhu Bani Namir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar